Abstract:
Dalam mengelola sumber daya manusia (SDM) diperlukan manajemen yang
baik dalam perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan harus mengerti dan
memahami setiap hal yang dapat memberikan kepuasan kerja pada karyawan,
karena jika dalam suatu perusahaan tidak terpenuhinya faktor-faktor yang dapat
mempengaruhi kepuasan kerja karyawan, maka besar kemungkinan akan
menimbulkan ketidakpuasan kerja pada karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana gambaran kepuasan kerja karyawan kantor Pos
(PERSERO) di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap seluruh
karyawan kantor Pos di Kota Makassar sebanyak 284 subjek, dengan
menggunakan penelitian populasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
menggunakan skala kepuasan kerja yang telah diadaptasi oleh Dion Rezky Adhi
Syahputra (2019), dengan nilai reliabilitas 0,956. Adapun hasil dari penelitian ini
yaitu, terdapat 35 responden atau 12,35% yang berada pada kategori rendah, 213
responden karyawan atau 75,0% yang berada pada kategori sedang, dan terdapat
36 kresponden karyawan atau 12,7% yang berada pada kategori tinggi. Proses
pengolahan data pada penelitian ini menggunakan Software SPSS 20 for Windows,
dan Microsoft Excel.