Abstract:
Masalah utama yang sering menjadi sorotan dalam dunia pendidikan adalahbagaimana sistem, proses, mutu, dan luaran (out put) pendidikan dapat
berkembang pesat atau bahkan dapat setara dengan pendidikan di negara-negaralainnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penelitiandanpengembangan untuk menghasilkan produktivitas yang unggul atau meningkatkankualitas produk yang sudah ada sebelumnya, seperti pengembangan bahanajar
menemukan ide pokok di Sekolah Dasar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah(1)
menghasilkan kelayakan bahan ajar menemukan ide pokok berbasis model
pembelajaran discovery learning bagi siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II
Kota Makassar; (2) menghasilkan keefektifan bahan ajar menemukan ide pokokberbasis model pembelajaran discovery learning bagi siswa kelas VSDInpresGalangan Kapal II Kota Makassar; dan (3) menghasilkan kepraktisan bahanajar
menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learningbagi
siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitianini
yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang didesaindengan pengembangan. Tahap penelitian pengembangan, meliputi: (1) tahapanalisis masalah dan penetapan solusi, sebagai acuan merumuskan solusi; (2)
tahap analisis kebutuhan, yakni perumusan hal-hal yang dibutuhkan terkait
pengembangan bahan ajar; (3) tahap perancangan, yakni penyusunan draf untukmenghasilkan bahan ajar; (4) tahap pengembangan, yakni mencipta bahanajar
kemudian dilakukan uji validasi oleh tim validator; dan (5) tahap implementasi, yakni penggunaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya, kemudian dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahanajar
menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learningyangtelah dikembangkan oleh peneliti, dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakandalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan membacapada siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar.