DSpace Repository

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENEMUKANIDEPOKOK BAHASA INDONESIA BERBASIS MODELPEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGPADASISWA KELAS V SD INPRES GALANGANKAPAL II KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author NURDIN
dc.date.accessioned 2022-10-24T08:35:39Z
dc.date.available 2022-10-24T08:35:39Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106002
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1479
dc.description.abstract Masalah utama yang sering menjadi sorotan dalam dunia pendidikan adalahbagaimana sistem, proses, mutu, dan luaran (out put) pendidikan dapat berkembang pesat atau bahkan dapat setara dengan pendidikan di negara-negaralainnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penelitiandanpengembangan untuk menghasilkan produktivitas yang unggul atau meningkatkankualitas produk yang sudah ada sebelumnya, seperti pengembangan bahanajar menemukan ide pokok di Sekolah Dasar. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah(1) menghasilkan kelayakan bahan ajar menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learning bagi siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar; (2) menghasilkan keefektifan bahan ajar menemukan ide pokokberbasis model pembelajaran discovery learning bagi siswa kelas VSDInpresGalangan Kapal II Kota Makassar; dan (3) menghasilkan kepraktisan bahanajar menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learningbagi siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitianini yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R & D) yang didesaindengan pengembangan. Tahap penelitian pengembangan, meliputi: (1) tahapanalisis masalah dan penetapan solusi, sebagai acuan merumuskan solusi; (2) tahap analisis kebutuhan, yakni perumusan hal-hal yang dibutuhkan terkait pengembangan bahan ajar; (3) tahap perancangan, yakni penyusunan draf untukmenghasilkan bahan ajar; (4) tahap pengembangan, yakni mencipta bahanajar kemudian dilakukan uji validasi oleh tim validator; dan (5) tahap implementasi, yakni penggunaan bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya, kemudian dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahanajar menemukan ide pokok berbasis model pembelajaran discovery learningyangtelah dikembangkan oleh peneliti, dinyatakan layak, efektif, dan praktis digunakandalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya aspek keterampilan membacapada siswa kelas V SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject bahan ajar en_US
dc.subject discovery learning en_US
dc.subject kelayakan en_US
dc.subject keefektifan en_US
dc.subject kepraktisan. en_US
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENEMUKANIDEPOKOK BAHASA INDONESIA BERBASIS MODELPEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGPADASISWA KELAS V SD INPRES GALANGANKAPAL II KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account