Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah gratitude memiliki pengaruh
terhadap resiliensi akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Kota
Makassar. Penelitian ini dilakukan terhadap 406 mahasiswa yang sedang
mengerjakan skripsi di Kota Makassar. Pada penelitian ini terdapat dua variabel
yang digunakan yaitu, resiliensi akademik dan gratitude. Cassidy (2016)
menyatakan bahwa resiliensi akademik merupakan kemampuan untuk
meningkatkan keberhasilan dalam pendidikan meskipun telah menghadapi
kesulitan yang signifikan. Sedangkan gratitude merupakan suatu ekspresi dari
rasa terima kasih atas kebaikan yang diterima dari luar dirinya (Tuhan, orang lain
dan alam semesta). Instrumen pengumpulan data yaitu skala resiliensi akademik
yang telah diadaptasi oleh Kiki Reskiyani berdasarkan teori Cassidy (2016).
Sedangkan skala gratitude yang telah dimodifikasi dari hasil adaptasi Zainab
Ramadhani berdasarkan teori Watkins et al., (2003). Data dianalisis menggunakan
teknik regresi sederhana. Hasil analisis bahwa terdapat pengaruh gratitude
terhadap resiliensi akademik mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Kota
Makassar dengan kontribusi sebesar 26.7% ((p = 0.000 ; p < 0.05) dan arah
pengaruh positif yang berarti semakin tinggi gratitude maka resiliensi akademik
juga semakin meningkat.