Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
pengggunaan e-learning terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP
Negeri 35 Makassar.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah
peserta didik kelas VIII Tujuh sebanyak 33 peserta didik. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan
angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning berpengaruh
terhadap motivasi belajar siswa. Dilakukan dengan proses uji validitas dengan nilai r
tabel 0,349, uji reliabilitas motivasi belajar sebesar 0,958 dengan kategori tinggi. Hasil
uji data berditribusi normal dan homogen. Hal ini dibuktikan dengan uji paired sample
test dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Data penggunaan e-learning diperoleh
melalui observasi pembelajaran yang mencakup e-learning sistem, e-learning konten,
dan e-learning infrastruktur. E-learning sistem berupa penggunaan media
pembelajaran seperti aplikasi zoom, whatsapp, dan google classroom. E-learning
konten berupa video pembelajaran, dan buku matematika elektronink dalam bentuk
aplikasi yang dapa diunduh melalui playstore. E-learning infrastruktur merupakan alat
yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti komputer, laptop, dan handphone
yang terhubung dengan jaringan. Penelitian dilaksanakan secara kesluruhan dan
bersamaan. Nilai motivasi belajar sebelum penggunaan e-learning sebesar 48,033
mengalami peningkatan sebesar 14,87 setelah penggunaan e-learning dengan total nilai
motivasi belajar sebesar 62,9.