Abstract:
Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang
birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu
tujuan tertentu. Teori efektivitas pelayanan publik yang digunakan terdiri atas:Tangible,
atau bukti fisik; Reliability, atau kehandalan yaitu kemampuan dalam memberikan
pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya; Responsiveness, atau
tanggapan yaitu suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat
dan tepat kepada masyarakat dengan menyampaikan informasi yang jelas; Assurance,
atau jaminan dan kepastian dan kemampuan petugas pelayanan untuk menumbuhkan
rasa percaya terhadap masyarakat; Empathy, yaitu kemampuan petugas pelayanan dalam memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi kepada masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan
pendekatan kualitatifbertujuan untuk menggali mengenai fakta mengenai kualitas
pelayanan publik di Polres Pinrang.
Hasil dari penelitian ini yakni: Kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang
terbilang baik. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara terhadap lima aspek kualitas
pelayanan yakni: Kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang ada dimensi tangibel
berdasarkan data dari indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian bisa dikatakan
baik karena dari indikator yang ada dalam dimensi Tingabel ini hampir semuanya baik.
Rangkaian analisis kualitatif yang dilakukan terhadap dimensi realibility kualitas
pelayanan publik di Polres Pinrang baik. Karena indikator-indikator yang digunakan
dalam penelitian ini terpenuhi dengan sangat baik. Sikap Responsiiviness yang
ditunjukkan oleh pegawai pada saat pelayanan SIM di Polres Pinrang kurang baik. Hal ini
disebabkan karena kurangnya masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan saran
melalui kotak saran. Sikap Assurance dalam sistem pelayanan publik di Polres Pinrang
baik, itu terlihat dari jam buka pelayanan yang terpampang di Polres Pinrang. Sikap
Emphaty pegawai di Kelurahan Sidodadi baik. Hal ini terlihat dari prioritas pelayanan
yang diberikan pada setiap masyarakat yang sesuai dengan misi dari Polres Pinrang pada para masyarakat yang berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang tepat waktu dan bernilai baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam upaya untuk memaksimalkan efektivitas pelaksanaan tugas aparat terhadap pelayanan publik di kelurahan Sidodadi, adalah kemampuan aparat dalam mentaati aturan sistem kerja dapat dilaksanakan dengan baik, serta sarana pelayanan Polres Pinrang yang kurang memadai seperti belum tersedianya komputer PC yang memadai dan menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan efektivitas tugas pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik pada Polres Pinrang.