DSpace Repository

Peran Satuan Lalu Lintas Pada Polres Kabupaten Pinrang Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor

Show simple item record

dc.contributor.author Danari, Morens
dc.date.accessioned 2021-04-01T02:16:50Z
dc.date.available 2021-04-01T02:16:50Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other 4616103039
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/151
dc.description.abstract Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka mencapai suatu tujuan tertentu. Teori efektivitas pelayanan publik yang digunakan terdiri atas:Tangible, atau bukti fisik; Reliability, atau kehandalan yaitu kemampuan dalam memberikan pelayanan sesuai yang dijanjikan secara akurat dan terpercaya; Responsiveness, atau tanggapan yaitu suatu kemauan untuk membantu dan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada masyarakat dengan menyampaikan informasi yang jelas; Assurance, atau jaminan dan kepastian dan kemampuan petugas pelayanan untuk menumbuhkan rasa percaya terhadap masyarakat; Empathy, yaitu kemampuan petugas pelayanan dalam memberikan perhatian yang tulus dan bersifat individual atau pribadi kepada masyarakat. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatifbertujuan untuk menggali mengenai fakta mengenai kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang. Hasil dari penelitian ini yakni: Kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang terbilang baik. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara terhadap lima aspek kualitas pelayanan yakni: Kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang ada dimensi tangibel berdasarkan data dari indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian bisa dikatakan baik karena dari indikator yang ada dalam dimensi Tingabel ini hampir semuanya baik. Rangkaian analisis kualitatif yang dilakukan terhadap dimensi realibility kualitas pelayanan publik di Polres Pinrang baik. Karena indikator-indikator yang digunakan dalam penelitian ini terpenuhi dengan sangat baik. Sikap Responsiiviness yang ditunjukkan oleh pegawai pada saat pelayanan SIM di Polres Pinrang kurang baik. Hal ini disebabkan karena kurangnya masyarakat dalam menyampaikan keluhan dan saran melalui kotak saran. Sikap Assurance dalam sistem pelayanan publik di Polres Pinrang baik, itu terlihat dari jam buka pelayanan yang terpampang di Polres Pinrang. Sikap Emphaty pegawai di Kelurahan Sidodadi baik. Hal ini terlihat dari prioritas pelayanan yang diberikan pada setiap masyarakat yang sesuai dengan misi dari Polres Pinrang pada para masyarakat yang berkomitmen untuk menyediakan pelayanan yang tepat waktu dan bernilai baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam upaya untuk memaksimalkan efektivitas pelaksanaan tugas aparat terhadap pelayanan publik di kelurahan Sidodadi, adalah kemampuan aparat dalam mentaati aturan sistem kerja dapat dilaksanakan dengan baik, serta sarana pelayanan Polres Pinrang yang kurang memadai seperti belum tersedianya komputer PC yang memadai dan menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan efektivitas tugas pegawai dalam melaksanakan pelayanan publik pada Polres Pinrang. en_US
dc.publisher Universitas Bosowa en_US
dc.subject Kinerja en_US
dc.subject Pelayanan publik en_US
dc.title Peran Satuan Lalu Lintas Pada Polres Kabupaten Pinrang Dalam Memberikan Pelayanan Administrasi Kendaraan Bermotor en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account