Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya
perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan membandingkan
penggunaan model pembelajaran kooperatif team quiz dan TGT pada mata
pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri Lakkang.Penelitian ini diterapkan pada
peserta didik kelas IV semester genap. Model pembelajaran kooperatif TGT
diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas IV-A dengan jumlah peserta didik
sebanyak 21 dan model pembelajaran kooperatif team quiz diterapkan pada kelas
eksperimen yaitu kelas IV-B dengan jumlah peserta didik sebanyak 20. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental nonequivalent
control group design. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan
purposive sampling. Uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli
(judgement expert) dan uji relibilitas Cronbach Alpha. Teknik analisis yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji
keefektifan, uji perbandingan keefektifan model pembelajaran, dan uji keunggulan
dengan menggunakan pengolahan SPSSTM versi 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif team quiz lebih tinggi
dibanding dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif TGT. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji setelah perlakuan posttest
dengan uji Manova. Data Setelah Perlakuan Posttest dengan uji Manova
menunjukkan bahwa nilai signifikansinya lebih kecil α (0,05) yaitu sebesar 0,001
sehingga H0 ditolak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
rata-rata kemampuan kedua kelas terhadap motivasi belajar dan hasil belajar
peserta didik setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian, peserta didik yang
menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif team quiz memiliki ratarata nilai posttest lebih tinggi yaitu 85,35 dibanding peserta didik yang
menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT yang mempunyai
jumlah rata-rata nilai posttest sebanyak 80,05.