DSpace Repository

PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI LAKKANG

Show simple item record

dc.contributor.author SAHABUDDIN
dc.date.accessioned 2022-10-25T08:16:58Z
dc.date.available 2022-10-25T08:16:58Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106004
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1562
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan membandingkan penggunaan model pembelajaran kooperatif team quiz dan TGT pada mata pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri Lakkang.Penelitian ini diterapkan pada peserta didik kelas IV semester genap. Model pembelajaran kooperatif TGT diterapkan pada kelas kontrol yaitu kelas IV-A dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 dan model pembelajaran kooperatif team quiz diterapkan pada kelas eksperimen yaitu kelas IV-B dengan jumlah peserta didik sebanyak 20. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental nonequivalent control group design. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Uji validitas butir soal berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert) dan uji relibilitas Cronbach Alpha. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji keefektifan, uji perbandingan keefektifan model pembelajaran, dan uji keunggulan dengan menggunakan pengolahan SPSSTM versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif team quiz lebih tinggi dibanding dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji setelah perlakuan posttest dengan uji Manova. Data Setelah Perlakuan Posttest dengan uji Manova menunjukkan bahwa nilai signifikansinya lebih kecil α (0,05) yaitu sebesar 0,001 sehingga H0 ditolak. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan kedua kelas terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Dengan demikian, peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif team quiz memiliki ratarata nilai posttest lebih tinggi yaitu 85,35 dibanding peserta didik yang menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif TGT yang mempunyai jumlah rata-rata nilai posttest sebanyak 80,05. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Perbandingan en_US
dc.subject model pembelajaran kooperatif en_US
dc.subject TGT en_US
dc.subject Team Quiz en_US
dc.subject motivasi en_US
dc.subject hasil belajar. en_US
dc.title PERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM QUIZ DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SD NEGERI LAKKANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account