Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak
pemberian remedial terhadap hasil belajar matematika kelas III SD Inpres Lanraki
2 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas III SD sebanyak lima orang yang teridentifikasi
dalam pelaksanaan remedial. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 hari. Prosedur
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan dengan katakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari pelaksanaan remedial
peserta didik telah menjukkan peningkatan prestasi dan kemampuan penyesuaian
dirinya. Adapun hasil deskripsi bentuk-bentuk remedial yaitu guru telah melakukan
penelaah kembali kasus, pemilihan alternatif tindakan, pemberian layanan khusus,
pelaksanaan pengajaran remedial, re-evaluasi dan re-diagnostik. Sementara faktor
pendukungnya adalah peningkatan dalam hasil belajar peserta didik ketika
mengikuti remedial, sedangkan faktor penghambat adalah adanya rasa
kecemburuan serta perasaan malu yang dirasakan oleh peserta didik karena harus
mengikuti remedial.