Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui efektivitas
pembelajaran daring dengan menggunakan metode blended learning pada siswa
kelas X IPA SMA Negeri 18 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental design one-group pretestposttest, yaitu memberikan tes sebelum perlakuan, kemudian memberikan tes
setelah adanya perlakuan dengan menggunakan metode blended learning. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 sebanyak 36 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik teks kinerja, observasi dan
dokumentasi yang dianalisi dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Data yang diperoleh dianalisis juga menggunakan rumus uji-t. hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode blended learning siswa lebih
aktif dan mendominasi proses pembelajaran sehingga siswa tidak mudah merasa
jenuh atau bosan. Dapat dilihat berdasarkan hasil uji-t diperoleh harga =
3,252 dan =1,689 dengan rata-rata nilai siswa sebelum perlakuan dalam
mengerjakan soal pretest 60 dan rata-rata nilai siswa setelah diberi perlakuan
dalam mengerjakan soal posttest 88,61. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
terdapat keefektifan metode blended learnig terhadap peningkatan hasil belajar
siswa kelas X IPA 3 SMA Negeri 18 Makassar