Abstract:
Masa pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan dalam kehidupan
termasuk bidang pendidikan yang harus melakukan proses belajar mengajar secara
online. Mahasiswa dengan berbagai kendala dan tuntutan tugas yang harus
diselesaikan dengan mampu bertahan dengan bangkit kembali dari situasi sulit
dan tertekan yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran
resiliensi akademik mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar
di masa pandemi. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 251
mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala penelitian
Academic Resilience Scale-30 (ARS-30) dikembangkan oleh Cassidy (2016) dan
diadaptasi oleh Reskyani (2019). Uji validitas menggunakan validitas isi
(tampang) dan validitas konstrak dengan metode confirmatory factor analysis. Uji
reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha dengan hasil 0.853. Analisis data
menggunakan statistik hipotetik untuk menggambarkan data secara umum tanpa
interpretasi lebih mendalam terhadap individu. Hasil analisis resiliensi akademik
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa Makassar di masa pandemi
terdapat 107 mahasiswa termasuk kategori sedang (42,6%) dan 144 mahasiswa
kategori tinggi (57,4%), berdasarkan hasil analisis cenderung tinggi 57,4%. Hal
ini menunjukkan bahwa mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bosowa
Makassar selama pandemi memiliki kemampuan untuk bertahan dan mengatasi
keadaan tersebut dan dapat beradaptasi dengan baik terhadap tekanan yang
dialami dalam proses belajar mengajar secara online.