Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi pengawasan
Inspektorat Daerah kota Makassar dalam pelaksanaan pengawasan pendidikan
dasar di kota makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kaulitatif. Dimana
jenis data terdiri dari data primer dan data sekunder, dimana data primer diperoleh
melaui wawancara dan observasi langsung di lapangan, sedangkan data sekunder
diperoleh dari data yang telah dikumpulkan peneliti melaui dokumen, buku yang
berkaitan dengan penelitian ini. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah
berjumlah 7 (tujuh) orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana fungsi pengawasan
inspektorat daerah kota makassar dalam pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan
dasar di kota makassar, yang meliputi adanya a) perencanaan, dimana inspektorat
melakukan perencanaan yang berasis resiko, b) pemeriksaan, dimana proses
pemeriksaan yang dilakukan suda terkordinasi dengan baik, c) perbaikan, bentuk
perbaikan yang di lakukan oleh inspektorat kota makassar adalah dalam bentuk
tindak lanjut yang dimana inspektorat memberikan kesempatan kepada sekolah
untuk memperbaiki kesalahannya tesebut, namun bila tidak dilaksnakan maka
inspektorat akan memberikan rekomendasi tindak lanjut kepada wali kota yang
selanjutnya akan diberikan sangsi terhadap sekolah tersebut, d) penilaian, dengan
hadirnya inspektorat dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan
pendidkan dasar mendatangkan dampak positif bagi sekolah-sekolah karena lebih
memberikan rasa kehati-hatian sekolah terhadap penggunaan anngaran sekolah
maupun melaksanakan dengan baik, e) upaya tindak lanjut yaitu memberikan
kesempatan kepada sekolah untuk memperbaiki kesalahan, dan apabila tidak
dilaksanakan maka inspektorat akan merekomendasikan kepada wali kota yang
nantinya akan di jatuhkan sansi oleh wali kota sendiri.