DSpace Repository

KOMUNIKASI APARATUR DESA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DESA SE-KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI

Show simple item record

dc.contributor.author TAUFIQ
dc.date.accessioned 2022-10-26T06:36:11Z
dc.date.available 2022-10-26T06:36:11Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other 4617103010
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1614
dc.description.abstract Komunikasi Aparatur Desa Terhadap Pelayanan Publik di Desa merupakan faktor penentu pencapaian kualitas pelayanan dasar di desa se-Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan syarat, tujuan dan fungsi komunikasi di desa se-Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologis dan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah trianggulasi yaitu: survey, interviuw, dan analisis dokumen. Analisis data menggunakan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) syarat komunikasi, yaitu: (a) Pesan, mempunyai tema utama sebagai pengarah dalam usaha mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat. (b) Komunikator, pelaku penyampaian pesan secara langsung atau tidak dengan menggunakan media televisi, radio, film, surat kabar berkategori sedang. (c) Komunikan, dasar dalam penyampaian pesan dalam rangka memperkuat pesan namun kurang terimplementasikan. dan (d) Effek, hasil akhir dari sebuah komunikasi berkategori sedang merubah sikap dan perilaku komunikan. (2) Fungsi komunikasi, yaitu: (a) Sebagai Informasi, komunikator berkategori sedang dalam memberikan informasi yang diperlukan dari setiap individu dan kelompok dalam mengambil keputusan dalam memberikan pengetahuan baru secara efektif. (b) Sebagai kendali. komunikator tergolong kurang mengendalikan perilaku komunikan dengan beberapa syarat yang harus dipatuhi. (c) Sebagai motivasi. komunikator berkategori sedang dalam memotivasi komunikan dengan memberikan penjelasan dalam berinteraksi dalam lingkungan, dan (3) Tujuan Komunikasi, yaitu: (a) Dimengerti komunikan, komunikator kurang menjelaskan pesan utama dengan sejelas-jelasnya dan sedetail mungkin. (b) Pendekatan persuasif, kurang diimplementasikan aparat sehingga gagasan komunikator kurang diterima oleh komunikan, dan (c) Menggerakkan komunikan, komunikator kurang memanfatkan pendekatan persuasif sehingga kurang mampu membangun persamaan persepsi dengan masyarakat sehingga kurang direspon masyarakat. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Komunikasi en_US
dc.subject Pelayanan Publik en_US
dc.subject Masyarakat Desa. en_US
dc.title KOMUNIKASI APARATUR DESA TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DESA SE-KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account