Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui empati sebagai prediktor terhadap
aggressive driving pada pengendara roda dua di kota Makassar. Responden
dalam penelitian ini adalah pengendara motor yang berdomisili di kota Makassar
dan memiliki surat izin mengemudi (SIM) dengan jumlah responden sebanyak
1.043 orang. Dalam penelitian ini menggunakan skala Aggressive Driving
Behaviour Scale yang di kemukakan oleh Housten, Harris, dan Norman (2003)
yang telah di adaptasi oleh Puri (2021) dan skala empati yang dibuat oleh BaronCohen & Wheelwright (2004) yang diadaptasi oleh Ramadhan (2020). Penelitian
ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan batuan aplikasi SPSS
21.0 for windows. Hasil analisis data menunjukan nilai R Square sebesar 0.072
dengan sumbangan yang di berikan variabel empati terhadap perilaku aggressive
driving sebesar 7.2%. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh negatif
yang artinya semakin rendah empati maka semakin tinggi Aggressive Driving
pengendara.