Abstract:
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran
students fasilitator and explaining menggunakan media vlog dalam meningkatkan
kreativitas siswa SD pada mata pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota
Makassar, dan (2) untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran students
fasilitator and explaining menggunakan media vlog dalam meningkatkan hasil belajar
siswa SD pada mata pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Metode
penelitian yang adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental
design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di Kecamatan
Panakkukang Kota Makassar. Sampel Penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang
dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kolompok kontrol
dengan masing kelompok terdiri atas 20 orang siswa SD Inpres Pampang II dan 20
siswa SD Inpres Panaikang II/1 Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti
menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran students fasilitator and
explaining menggunakan media vlog meningkatkan kreativitas siswa SD pada mata
pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, dan (2) berdasarkan p-nilai
dari posttest dari kedua kelompok diperoleh hasil lebih rendah dari α (0,00<0,05) dan
derajat kebebasan adalah 38. Nilai t-test dari kedua kelompok pada posttest dapat
disimpulkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan
model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog secara
signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam kelompok eksperimen.