DSpace Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author LAPI, ZUBAIDAH
dc.date.accessioned 2022-10-27T06:10:55Z
dc.date.available 2022-10-27T06:10:55Z
dc.date.issued 2021
dc.identifier.other 4619106007
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1675
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog dalam meningkatkan kreativitas siswa SD pada mata pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, dan (2) untuk mengidentifikasi penerapan model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada mata pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas V di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Sampel Penelitian ini berjumlah 40 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kolompok kontrol dengan masing kelompok terdiri atas 20 orang siswa SD Inpres Pampang II dan 20 siswa SD Inpres Panaikang II/1 Kota Makassar. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog meningkatkan kreativitas siswa SD pada mata pelajaran IPS di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, dan (2) berdasarkan p-nilai dari posttest dari kedua kelompok diperoleh hasil lebih rendah dari α (0,00<0,05) dan derajat kebebasan adalah 38. Nilai t-test dari kedua kelompok pada posttest dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran students fasilitator and explaining menggunakan media vlog secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dalam kelompok eksperimen. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Students Fasilitator and Explaining en_US
dc.subject Hasil Belajar, en_US
dc.subject Kreativitas Siswa en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENTS FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KECAMATAN PANAKKUKANG KOTA MAKASSAR en_US
dc.title.alternative THE IMPLEMENTATION OF STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING LEARNING MODEL USING VLOG MEDIA TO IMPROVE STUDENT CREATIVITY AND LEARNING OUTCOMES IN THE SOCIAL SCIENCES FIELD IN PANAKKUKANG DISTRICT MAKASSAR CITY en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account