Abstract:
Berdasarkan identifikasi masalah, hasil belajar siswa kelas IV masih sangat rendah,
dan kurangnya metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran pada siswa kelas
IV SDIT Azzahra Gowa.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Azzahra Gowa berjumlah 12
siswa terdiri dari 5 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Fokus penelitian ini pada
peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran index card
match.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan
dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan membandingkanhasil tes dan
observasi pada tahap refleksi dari siklus penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa peningkatan
hasil belajar Bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran index card match pada siswa
kelas IV SDIT Azzahra Gowa menunjukan terjadinya peningkatan. Adapun data yang
menunjukan nilai hasil Belajar Indonesia pada siswa kelas IV SDIT Azzahra Gowa. Pada
siklus rata-rata kelas adalah 75, jumlah siswa yang memperoleh nilai kkm yaitu 75 keatas
sebanyak 5 orang siswa atau 7 atau 58,33% sedangkan jumlah siswa yang memperoleh
nilai dibawah 75 sebanyak 5 orang atau 41,66% siswa. Sedangkan pada siklus II terjadi
peningkatan hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata kelas adalah 90,66% dan siswa yang
memperoleh nilai kkm yaitu 75 keatas sudah mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa melalui metode pembelajaran index card match dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia telah meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa IV SDIT Azzahra
Gowa.