Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar perilaku
kecurangan akademik mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan. 2) Untuk
mengetahui penyalahgunaan teknologi informasi mempengaruhi perilaku
kecurangan akademik mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan. 3) Untuk
mengetahui pengaruh integritas mahasiswa terhadap perilaku kecurangan akademik
mahasiswa akuntansi sebagai calon akuntan. 4) Untuk mengetahui motivasi belajar,
penyalahgunaan teknologi informasi, dan integritas mahasiswa berpengaruh
terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa akuntansi sebagai calon
akuntan. Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bosowa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada 53 mahasiswa akuntansi
Universitas Bosowa sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji regresi linier berganda, uji t, uji f
dan uji koefisien determinasi berbantuan SPSS V. 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) motivasi belajar berpengaruh
positif dan signifikan secara parsial terhadap kecurangan akademik, studi kasus
pada mahasiswa Universitas Bosowa, 2) penyalahgunaan teknologi informasi
secara parsial berpengaruh positif terhadap kecurangan akademik, 3) integritas
mahasiswa secara parsial positif dan signifikan berpengaruh terhadap kecurangan
akademik, dan 4) secara simultan variabel motivasi belajar, penyalahgunaan
teknologi informasi dan integritas siswa berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kecurangan akademik