Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode
drill terhadap kemampuan numerik siswa kelas V SD Negeri Batulaccu Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group Pre-testPost-test, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan dengan menggunakan
metode drill. Sampel penelitian ini adalah kelas V sebanyak 29 orang. Penelitian
dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah tes objektif.
Hasil penelitian nilai rata-rata Pre-test 45,37 dan Post-test 79,68. Hal ini
menunjukkan bahwa metode drill berpengaruh terhadap kemampuan numerik
siswa. Dapat juga dilihat dari hasil uji-t diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,122 > 2,048,
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga teknik metode drill yang dapat
diartikan sebagai suatu cara mengajar siswa melakukan kegiatan-kegiatan latihan,
agar siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan lebih tinggi dari apa yang
dipelajari. Kemampuan numerik dalam hitung berhitung yang dapat mempengaruhi
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang hubungan dengan angka.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode drill berpengaruh terhadap
kemampuan numerik siswa kelas V SD Negeri Batulaccu Makassar.