Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA
melalui metode demonstrasi pada peserta didik kelas V SD Negeri Batulaccu Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi 4 tahapan yaitu:
perencanaa, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian
adalalah peserta didik kelas V SD Negeri Batulaccu yang berjumlah 13 orang.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan
dokumentasi. Teknik anaslisis data yaitu dianalisis secara kuantitatif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu: 79,38
dan meningkat pada siklus II yaitu: 87,69. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar
69,23% dan ketidaktuntasan 30,76% sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil
belajar mencapai meningkat mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa
dalam pembelajaran IPA melalui metode demonstrasi terjadi peningkatan hasil
belajar pada peserta didik kelas V SD Negeri Batulaccu Kota Makassar.