Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam bentuk nilai
pendidikan moral dan juga bentuk ketidakadilan gender dalam Novel Tuhan
Izinkan Aku Menjadi Pelacur! karya Muhiddin M Dahlan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode
penelitian studi pustaka. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Novel Tuhan
Izinkan Aku Menjadi Pelacur! karya Muhiddin M Dahlan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah Teknik catan dan Teknik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa dalan Novel
“Tuhan Izinkan Aku Menjadi Pelacur!” karya Muhiddin M Dahlan mengandung
berbagai macam bentuk nilai Pendidikan moral dan juga bentuk ketidakadilan
gender. Adapun nilai Pendidikan moral yang terkandung dalam novel tersebut
adalah religius, kerja keras, bersahabat, peduli sosial, tanggung jawab, optimis,
semangat, teguh pada pendirian, dan berani. Adapula bentuk ketidakadilan gender
dalam novel tersebut adalah marginalisasi, kekerasan, dan stereotipe.