Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA
peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 di
SD Inpres Paropo Kota Makassar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Adapun
subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Tahun Ajaran 2020/2021
dan guru kelas V sebagai informan.Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPA yang
dimiliki oleh peserta didik berada pada kategori baik dan keseluruhan telah
mencapai KKM. Skor tertinggi adalah 88 dan skor terendah adalah 75 yang
mencapai batas KKM IPA yang telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil
belajar IPA yaitu 80,81. Pembelajaran online ini menggunakan media WhatsApp
karena lebih mudah digunakan. Media pendukung lainnya yang digunakan yaitu
video youtube dan buku tematik. Dengan demikian hasil belajar IPA pada
pembelajaran online dapat dikatakan efektif dan dapat dilaksanakan walaupun
dipengaruhi oleh beberapa faktor kendala seperti masalah jaringan internet yang
kurang stabil dan media pembelajaran yang digunakan terbatas yaitu media
WhatsApp, video youtube dan buku tematik serta dalam proses pengerjaannya
masih dibantu oleh orang tua.