Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk, pertama,
mengetahui pelayanan kantor PT. Dian Mega Kurnia (DMK) Cargo di Bandara
Internasional Sultan Hasanuddin. Kedua, untuk mengetahui kinerja pegawai
terhadap pelayanan pada Cargo di Bandara Internasional Sultan
Hasanuddin.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan penelitian kualitatif dan metode fenomenologi dengan sumber data
trianggulasi. Pengabsahan data melalui reduksi data, penyajian data dan
penyimpulan data.
Dalam penelitian ini untuk mengetahui berbagai hal yang berkaitan
dengan kinerja pelayanan terminal kargo di bandara Sultan Hasanuddin maka
peneliti melakukan wawancara secara intensif dengan pihak-pihak yang terkait
dengan PT.DMK Cargo Makassar bandara Sultan Hasanuddin di Kota Makassar.
Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa: (1) Kinerja pegawai di
DMK kargo dapat dilihat dari bentuk sikap, kemampuan, penampilan, perhatian,
dan tanggung jawab. Upayapeningkatan pelayanan hingga tercipta pelayanan
yang prima bagi para pelanggan, merupakan wujud kerja keras dan tanggung
jawab dari para pegawai DMK Kargo cabang Makassar dalam memberikan
layanan terhadap masyarakat, dan (2) Pelayanan DMK Cargo cabang Makassar
berkomitmen untuk memberikan biaya layanan dari jasa pengiriman, yang sesuai
dengan spesifikasi barang kiriman.