Abstract:
Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau
seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka
mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
mengetahui dan menganalisis Inovasi E-Government di Bagian Pemerintahan
Kabupaten Majene. Untuk mengetahui dan menganalisis Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Penerapan E-Government Bagian Pemerintahan Kabupaten
Majene.
Jenis penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan penelitian ini terdiri ata kepala
kepala bidang pemerintahan, kepala subbagian dan pegawai serta masyarakat.
Hasil dari penelitian ini yakni: Bahwa penerapan E-Government di Bagian
Pemerintahan Kabupaten Majene di ukur dengan aspek-aspek dalam
mewujudkan E-Government dengan menggunakan indikator Yaitu: Hardware,
Software, Data dan Informasi, Human Resources (SDM), Sikap Pelaksana, dan
Komunikasi. Hal ini terbukti dengan terpenuhinya indikator tersebut di atas, saat
ini pelayanan yang diberikan oleh aparat Bagian Pemerintahan Kabupaten Majene
sudah cukup baik dengan diterapkannya E-Government ini. Untuk mewujudkan
penerapan E-Government di Bagian Pemerintahan Kabupaten Majene terdapat
beberapa faktor penghambat yaitu jaringan internet dan sosialisasi. Jaringan
internet merupakan salah satu unsure terpenting dalam menjalankan EGovernment namun, sejauh ini jaringan internet yang ada masih kurang bagus jadi
website pemerintah kadang non aktif sehingga pengaduan yang masuk melalui
website tidak dapat diproses.. Serta faktor yang menghambat lainnya yaitu tahap
sosialisasi yang masih belum maksimal dalam penyampaian informasi tentang
hadirnya e-goverment iniBahwa penerapan E-Government di Bagian
Pemerintahan Kabupaten Majene di ukur dengan aspek-aspek dalam
mewujudkan E-Government dengan menggunakan indikator Yaitu: Hardware,
Software, Data dan Informasi, Human Resources (SDM), Sikap Pelaksana, dan
Komunikasi. Hal ini terbukti dengan terpenuhinya indikator tersebut di atas, saat
ini pelayanan yang diberikan oleh aparat Bagian Pemerintahan Kabupaten Majene
sudah cukup baik dengan diterapkannya E-Government.