Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa
dampak Covid-19 terhadap aktivitas pembelajaran siswa SD Negeri Batulaccu
kota Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel penelitian ini adalah guru dan siswa
kelas V sebanyak tiga orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak enam kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalis dengan tiga
tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Kemudian untuk
pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas selama pembelajaran daring
yang dilakukan di kelas V berjalan kurang lancar dikarenakan faktor ekonomi.
Dampak yang dialami oleh guru yaitu, jam kerja menjadi tidak terbatas, guru sulit
memberikan penilaian obyektif kepada siswa. Dampak yang dialami siswa yaitu,
psikis siswa menjadi kurang semangat dan berpotensi munculnya stress pada
siswa selama melakukan pembelajaran daring.