Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan era Digital 4.0
(Revolusi Industri) Pada Pendidikan di SD Negeri 228 Lagaroang. Metode yang
digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil
tempat di SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur.
Sampel dalam penelitian ini diambil dari guru dan siswa. Metode pengumpulan
data menggunakan teknik-teknik kualitatif seperti wawancara, observasi,
dokumentasi. Alat analisa data menggunakan deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SD Negeri 228 Lagaroang,
pelaksanaan pembelajaran sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini terlihat dari
penyajian pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh guru sudah menggunakan
media pembelajaran yang menarik serta kemampuan guru dalam menggunakan
teknologi digital pada penggunaan media pembelajaran berupa alat peraga digital
sudah dalam kategori baik. Sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan
baik dan menyenangkan serta mampu meningkatkan motivasi belajar siswa yang
berujung pada peningkatan hasil belajar siswa sesuai dengan yang diharapkan.
Adapun kesimpulkan dari penelitian ini adalah Penerapan Era Digital
4.0 terhadap pendidikan Pada SD Negeri 228 Lagaroang sudah dilaksanakan
dengan baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya motivasi siswa karena siswa
merasa tertarik dengan penyajian pembelajaran yang berbasis digital yang sangat
menarik yang diberikan oleh guru