Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran debat pada mata pelajaran PKn di SD Inpres Paropo Kota
Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan siklus yang didalamnya terdiri atas perencanaan,tindakan,pengamatan,dan
refleksi. Dalam penngumpulan data peneliti menggunakan kuesioner dan
wawancara. Peneliti menganalisis data dengan metode kualitatif dan
kuntitatif.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu dengan menggunakan penerapan
metode debat mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dilihat dari skor
rata-rata siklus I yaitu 57 dan siklus II yaitu 75. Adapun nilai ketuntasan pada
siklus I yaitu dengan nilai persentase 10% dan pada siklus II yaitu 100%,
Berdasarkan uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan
metode debat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia di kelas V SD Inpres Paropo Kota Makassar