Abstract:
Pengembangan pegawai merupakan salah satu tugas manajemen
sumber daya manusia sebagaimana umumnya bahwa tujuan setiap organisasi,
baik organisasi publik maupun swasta, akan dapat tercapai dengan baik apabila
pegawai dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan efektif dan efisien. Tujuan
dari penelitan ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan,
penempatan, pengkoordinasian dan pengawasan pegawai pada Dinas
Perhubungan Kabupaten Pangkep.
Jenis dan pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif dengan upaya untuk mengungkapkan peristwa-peristiwa riil
di lapangan dan mengungkapkan nilai-nilai yang tersembunyi dan berusaha
mempertahankan kautuhan objek yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini
adalah keterangan dari informan dan dokumen yang berkaitan dengan fokus
penelitian yakni efektivitas tentang pengawasan. Informan pada penelitian ini
adalah informan yang benar-benar relevan dan kompeten misalnya kepala dinas,
sekertaris dinas, kepala bidang/seksi dan pegawai yang mengerahui tentang
manajemen pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten Pangkep. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumen.
Teknik analisis data yang digunakan adalah tahapan reduksi data, tahap
penyajian data. Dan tahap penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh pelaksanaan perencanaan pegawai di Dinas
Perhubungan Kabupaten Pangkep sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Pelaksanaan penempatan pegawai pada Dinas Perhubungan Kabupaten
Pangkep sesuai dengan prosedur organisasi, dimana pemenuhan kebutuhan
dan penempatan pegawai dilakukan sesuai dengan kemampuan dan keahlian
pegawai orang. Pelaksanaan koordinasi pegawai di Dinas Perhubungan
Kabupaten Pangkep dapat dikategorikan baik meskipun masih terdapat
beberapa kekurangan dalam pengkoordinasian tersebut. kelemahan dari masingmasing pegawai sehingga akan Pelaksanaan pengawasan di Dinas
Perhubungan Kabupaten Pangkep dimana pengawasan preventif dilakukan
secara keseluruhan oleh Kepala Dinas dan Kepala Seksi kepada para stafnya
masing-masing