Abstract:
Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui dan menganalisis akuntabilitas
pelayanan pegawai, jaminan pelayanan dan efektivitas pelayanan pada Badan
Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriftif analitis. Data diperoleh dari sejumlah informan yangterdiri atas: Kepala
Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene, Sekertaris Badan
Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene, Pegawai dan Masyarakat
Kabupaten Majene.
Hasil dari penelitian ini yakni: akuntabilitas pegawai dimana para pegawai
di Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene sudah memiliki keahlian
masing-masing dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Keahlian di bidangnya
masing-masing disebabkan karena penempatan pegawai sesuai dengan
kemampuannya serta tingkat pendidikannya. Pegawai yang memiliki tingkat
pendidikan sarjana akan menduduki suatu jabatan sturktural dalam lingkup
BKAD sesuai dengan gelar yang dimilikinya; Jaminan dalam sistem pelayanan
publik di Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene itu terlihat
dari jam buka pelayanan yang terpampang di Badan Keuangan dan Aset Daerah
Kabupaten Majene. Jam pelayanan ini menunjukan bagaimana kepastian yang
diberikan pada para masyarakat oleh Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah
Kabupaten Majene guna meminta pelayanan. Selain itu jaminan biaya pelayanan
yang ada dalam setiap masyarakat itu pasti karena sudah sesuai dengan undangundang yang telahditentukan dan efektivitas pelayanan pada Kantor Badan
Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene belum efektif. Hal in idikarenakan
masih ada masyarakat yang kurang puas terhadap kejelasan prosedur pelayanan
pada Kantor Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Majene.