Abstract:
Guru yang Profesional merupakan faktor penentu dalam proses pendidikan
yang berkualitas. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan ditentukan oleh
sejauh mana kesiapan guru dalam mempersiapkan peserta didik melalui kegiatan
pembelajaran. Posisi strategis guru dalam meningkatkan kualitas hasil pendidikan
dipengaruhi oleh kinerja guru dalam mengajar dan tingkat kesejahteraannya.
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana pengaruh kompetensi yang
dimiliki guru dalam meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMP Negeri di
Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif, dengan metode survey dengan tujuan untuk menggambarkan
pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan kualitas didik. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner
(angket), wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki setiap
guru sangat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru pada
SMP Negeri di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur yang dibuktikan
dengan hasil penelitian yang menunjukkan kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang dimiliki oleh
guru-guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik berada pada kategori
sangat baik. Pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan kualitas didik pada
SMP Negeri di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Guru bersertifikasi
sudah menunjukkan peningkatan kualitas belajar di kelas secara signifikan.
Pemberian sertifikasi pada guru menjadikan peningkatan kinerja menjadi tujuan
utama.