Abstract:
Pelayanan publik merupakan suatu usaha yang dilakukan kelompok atau
seseorang birokrasi untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam rangka
mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk
mengetahui dan menganalisis manajemen pelayanan prima pada Sekertariat
Daerah Kabupaten Majene, Untuk mengetahui dan menganalisis akuntabilitas
pelayanan ASN pada Sekertariat Daerah Kabupaten Majene dan Untuk
mengetahui dan menganalisis responsivitas pelayanan ASN pada Sekertariat
Daerah Kabupaten Majene. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian yang bersifat deskriptif
dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan penelitian ini terdiri ata kepala
sekertariat daerah, kepala bidang dan pegawai serta masyarakat. Hasil dari penelitian ini yakni: Manajemen pelayanan prima pada
Sekertariat Daerah Kabupaten Majene belum efektif. Hal ini dikarenakan masih
ada masyarakat yang kurang puas terhadap kejelasan prosedur pelayanan pada
Sekertariat Daerah Kabupaten Majene. Responsivitas pegawai atau kemampuan
untuk mengetahui dan memahaimi kebutuhan maupun keinginan masyarakat
cukup baik. Akuntabilitas pelayanan pegawai pada Sekertariat Daerah Kabupaten
Majene yakni para pegawai di Sekertariat Daerah Kabupaten Majenesudah
memiliki keahlian masing-masing dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Keahlian di bidangnya masing-masing disebabkan karena penempatan pegawai
sesuai dengan kemampuannya serta tingkat pendidikannya. Pegawai yang
memiliki tingkat pendidikan sarjana akan menduduki suatu jabatan sturktural
dalam lingkup Sekda sesuai dengan gelar yang dimilikinya.