dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable brand image
dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan
pada konsumen sim card Telkomsel di Desa Tompudau, Kec.Tinangkung,
Kab.Banggai Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah
masyarakat desa Tompudau sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus
Slovin. Peneliti mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada
seluruh responden pada penelitian ini.
Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden
menyatakan persepsi setuju terhadap seluruh pernyataan kuesioner yang
dibagikan. Hasil penelitian koefisien jalur model pertama menunjukkan bahwa
brand image berpengaruh terhadap kepuasan dengan signifikansi sebesar 0,055
dan kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan
signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian pada koefisien jalur model kedua
menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan
dengan signifikansi sebesar 0,000, kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas
pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,045 dan kepuasan pelanggan
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000. Pada
pengujian Analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan tidak mampu memediasi
antara brand image dengan loyalitas pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan
mampu memediasi antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan |
en_US |