Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian
sebanyak 37 siswa kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Penelitian ini
dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi
yang dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat
dilihat berdasarkan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dari siklus I yaitu
34,72% dengan kriteria kurang aktif dan siklus II yaitu 84,03% dengan kriteria
sangat aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD
Negeri Batulaccu Kota Makassar.