PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BATULACCU KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author LEMA, FEBRIEN VICTHORY H.P.
dc.date.accessioned 2022-11-03T01:18:41Z
dc.date.available 2022-11-03T01:18:41Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4517103053
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1839
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian sebanyak 37 siswa kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan rumus rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa dari siklus I yaitu 34,72% dengan kriteria kurang aktif dan siklus II yaitu 84,03% dengan kriteria sangat aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat menigkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Batulaccu Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject STAD en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BATULACCU KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account