Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana
peningkatan kemampuan menulis karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 35
Makassar setelah diterapkannya metode PAKEM dalam proses pembelajaran
menulis karangan deskripsi. Penelitian ini ialah penelitian PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dengan metode pembelajaran PAKEM. Penelitian ini dilakukan
sebanyak dua siklus dimana setiap siklus berlangsung selama tiga kali pertemuan.
Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan tes prestasi akademik
berupa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dan melakukan observasi.
Data hasil belajar dianalisis dengan analisis kuantitatif dan data hasil observasi
dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penerapan pembelajaran dengan metode PAKEM dalam proses
pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan
deskripsi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap, belajar dengan
giat, siap dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran