PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 35 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author GUNAWAN
dc.date.accessioned 2022-11-03T01:41:30Z
dc.date.available 2022-11-03T01:41:30Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 4517102009
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1843
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan menulis karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar setelah diterapkannya metode PAKEM dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini ialah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan metode pembelajaran PAKEM. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus berlangsung selama tiga kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan tes prestasi akademik berupa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dan melakukan observasi. Data hasil belajar dianalisis dengan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode PAKEM dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap, belajar dengan giat, siap dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Metode pembelajaran PAKEM en_US
dc.subject Hasil belajar siswa en_US
dc.title PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 35 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account