dc.contributor.author | GUNAWAN | |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T01:41:30Z | |
dc.date.available | 2022-11-03T01:41:30Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.other | 4517102009 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1843 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan menulis karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar setelah diterapkannya metode PAKEM dalam proses pembelajaran menulis karangan deskripsi. Penelitian ini ialah penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan metode pembelajaran PAKEM. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dimana setiap siklus berlangsung selama tiga kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan tes prestasi akademik berupa kemampuan menulis karangan deskripsi siswa dan melakukan observasi. Data hasil belajar dianalisis dengan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode PAKEM dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menyerap, belajar dengan giat, siap dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Metode pembelajaran PAKEM | en_US |
dc.subject | Hasil belajar siswa | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN (PAKEM) PADA SISWA KELAS VIII SMPN 35 MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |