Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam
meningkatkan keterampilan bertanya, mendeskripsikan hasil belajar dengan
menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran Bahasa
Indonesia di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas (PTK) Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Sebelum tindakan
dilakukan ada 20 siswa dan hanya 20% siswa yang membuat pertanyaan pada kategori
C1 dan C4. Setelah dilakukan tindakan, hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keterampilan bertanya siswa. Pada siklus I terdapat 60% yang dapat
membuat pertanyaan dengan kategori C1, C2, C3, C4, dan C5. Kemudian pada siklus
II meningkat menjadi 90% dengan kategori pertanyaan C1, C2, C3, C4, dan C5.
Meningkatnya keterampilan bertanya siswa memberikan pengaruh positif terhadap
hasil belajar siswa dapat dilihat pada siklus I nilai rata-rata kelas 87,7 ketuntasan
belajar 90% dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 94,6 dengan kuntasan belajar
mencapai 100%.Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik
dapat meningkatkan keterampilan bertanya pada siswa dan juga berpengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 181 Curio Kabupaten Enrekang.