Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
pembelajaran daring terhadap literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35
Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan pendekatan
kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 120 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner
dan soal tes. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian
menunjukkan berdasarkan empat indikator dalam pembelajaran daring yakni,
pembelajaran daring di masa pandemi, proses pembelajaran daring, efektivitas
pembelajaran daring, dan faktor pendukung pembelajaran daring, diperoleh nilai
rata-rata indikator pembelajaran daring sebesar 65,5%, terbukti mempengaruhi
literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Makassar dengan besarnya
pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi numerasi adalah 5,9%. Hasil
penelitian dapat dilihat berdasarkan output SPSS 26 uji regresi sederhana, diperoleh
nilai signifikansi 0,007 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap literasi numerasi siswa kelas VIII
SMP Negeri 35 Makassar.