Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai adanya pengaruh model
pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN 007 Tandiallo.
Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain
penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dan
sampel penelitian adalah semua siswa kelas II SDN 007 Tandiallo yang berjumlah 12
siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran role
playing terhadap hasil belajaran PKn di SDN 007 Tandiallo, ini dapat dilihat dari
adanya peningkatan nilai rata-rata siswa pada pretes-posttest yang dilakukan, dari
data tersebut diperoleh nilai rata-rata siswa pada pretest 71,25 berubah menjadi nilai
rata-rata 80 setelah melakukan posttest, sedangkan dari data uji t, nilai pada
sebesar 2,787 lebih besar dari pada nilai yang ada pada yang bernilai 2,201.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara
model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa