Abstract:
Terminal Induk Kota Makale merupakan satu-satunya terminal penumpang
di Kabupaten Tana Toraja. Untuk menunjang mobilitas masyarakat,
operasional Terminal Induk Kota Makale diharapkan dalam pengelolaannya
dapat efektif dan efisien sehingga memberikan kepuasan kepada pengguna
terminal, yaitu penumpang, pengemudi, dan pengelola terminal itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi
operasional Terminal Induk Kota Makale dan juga untuk mengetahui tingkat
kepuasan dan kepentingan pengguna terminal terhadap kinerja terminal,
pemanfaatan fasilitas terminal dan peran pengelola terminal. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Customer Satisfaction Index
(CSI) dan Metode Importance Performance Analysis (IPA) berdasarkan
hasil survei kuesioner. Hasil penelitian didapatkan skor (67,53%) untuk
tingkat kepuasan dan skor (77,66%) untuk tingkat kesesuaian kepentingan.
Untuk perhitungan rasio efektivitas dan efisiensi operasional Terminal Induk
Kota Makale didapatkan rasio efektivitas (80,79%) artinya cukup efektif dan
rasio efisiensi (130,87%) artinya belum efisien