Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan berbicara siswa
kelasV SD Inpres Paropo Kota Makassar.
Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan
eksperimen semu menggunakan sampel satu kelas. Desain yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu pre-test dan post-test dengan memberikan perlakuan melalui
penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle. Sampel penelitian ini yaitu
siswa kelas V SD Inpres Paropo Kota Makassar yang berjumlah 10 siswa. Peneliti
menganalisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
inferensial..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama pada
keterampilan berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan
metode model pembelajaran Inside Outside Circle tergolong rendah dan setelah
menggunakan model Inside Outside Circle tergolong tinggi. Berdasarkan hasil uji
hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
Inside Outside Circle memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia
kelas V SD Inpres Paropo Kota Makassar setelah diperoleh tHitung= 9.750 dan tTabel
= 1.83311 maka diperoleh tHitung> tTabel atau 9,750>1.83311