dc.contributor.author | MANGIRI, INRI | |
dc.date.accessioned | 2022-11-03T07:53:08Z | |
dc.date.available | 2022-11-03T07:53:08Z | |
dc.date.issued | 2022 | |
dc.identifier.other | 4516103017 | |
dc.identifier.uri | http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1880 | |
dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keterampilan berbicara siswa kelasV SD Inpres Paropo Kota Makassar. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan eksperimen semu menggunakan sampel satu kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-test dan post-test dengan memberikan perlakuan melalui penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Inpres Paropo Kota Makassar yang berjumlah 10 siswa. Peneliti menganalisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa terutama pada keterampilan berbicara. Hal ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode model pembelajaran Inside Outside Circle tergolong rendah dan setelah menggunakan model Inside Outside Circle tergolong tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Inside Outside Circle memiliki pengaruh terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas V SD Inpres Paropo Kota Makassar setelah diperoleh tHitung= 9.750 dan tTabel = 1.83311 maka diperoleh tHitung> tTabel atau 9,750>1.83311 | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS BOSOWA | en_US |
dc.subject | Model Inside-Outside Circle (IOC) | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berbicara | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC)TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARAPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES PAROPO KOTA MAKASSAR | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |