Abstract:
Penelitian ini dilakukan tujuan untuk mengetahui keterampilan berhitung
penjumlahan menggunakan media manik-manik warna siswa. Penelitian ini di
laksanakan di SD Negeri 223 Kampung Baru Sinjai Borong Kabupaten Sinjai
tahun ajaran 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu melaui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisi data yaitu, pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penearikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini keterampilan berhitung penjumlahan siswa dapat dilihat
adanya mampu menyelesaikan soal, terampil menggunakan media manik-manik
warna, mampu menggunakan konsep dalam praktek, dan mampu menyebutklan
bilangan penjumlahan. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi siswa
pemberian soal essai keterampialan berhitung siswa meningkat dan nilai rata-rata
siswa meningkat 80.5 serta prestasi belajar siswa juga meningkat. Maka dapat
disimpulkan keterampilan berhitung penjumlahan siswa meningkat menggunakan
media manik-manik warna siswa kelas I SD Negeri 223 Kampung Baru Sinjai
Borong.