PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SIFAT-SIFAT OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD INPRES TELLO BARU MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author NURDALIMA
dc.date.accessioned 2022-11-07T02:36:36Z
dc.date.available 2022-11-07T02:36:36Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4513103052
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/1966
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan peningkatan hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat operasi bilangan bulat melalui penerapan pendekatan konstruktivismepada siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Makassar. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi evaluasi dan refleksi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VSD Inpres Tello Baru Makassar sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metodeobservasi dan tesyang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran matematika materi “Sifat-Sifat Operasi Bilangan Bulat” dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Tello Baru Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dari 72,70 yang berkategori tinggi pada siklus I menjadi 84,00 yang juga berkategori tinggi pada siklus II dan ketuntasan hasil belajar dari 70,27% atau sebanyak 26 siswa yang nilainya mencapai KKM pada siklus I meningkat menjadi 94,59% atau sebanyak 35 siswa yang nilainya mencapai KKM pada siklus II en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject pendekatan konstruktivisme en_US
dc.subject hasil belajar matematika en_US
dc.title PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SIFAT-SIFAT OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA KELAS V SD INPRES TELLO BARU MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account