Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pop up book
terhadap kemampuan memahami konsep bangun ruang siswa kelas V SD Inpres
Rumpiah Kabupaten Barru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pre-eksprimental design dan desain yang digunakan adalah one group
pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 10
orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, observasi dan
dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas
dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan media pop up
book siswa lebih semangat dan lebih cepat memahami materi bangun ruang, hal
ini dikarenakan media pop up book dilengkapi dengan gambar-gambar menarik
yang bisa bergerak apabila halamannya dibuka sehingga dapat menarik perhatian
siswa. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa yaitu pada saat pretest siswa
memperoleh nilai rata-rata sebesar 49,3 dan posttest memperoleh nilai rata-rata
sebesar 71,4. Hasil uji t juga menunjukkan nilai t hitung = 17,182 > t tabel = 1,833,
dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan terdapat perbedaan nilai
yang signifikan terhadap hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hal tersebut maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pop up book berpengaruh terhadap
kemampuan memahami konsep bangun ruang siswa kelas V SD Inpres Rumpiah
Kabupaten Barru.