Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
Color Paper terhadap minat menulis permulaan siswa dikelas I SDN 006
Nunukan. Jenis penelitian ini penelitian Quasi Eksperiment atau eksperimen
semu dengan desain penelitian One Group Pre-test – Post-test, yaitu memberikan
non-tes sebelum adanya perlakuan, dan non-tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan media pembelajaran color paper. Sampel penelitian adalah siswa
kelas I sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket
yang berbentuk esai sebanyak 15 nomor. Penelitian dilakukan sebanyak 5 kali
pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian adalah
non-tes (angket) dan observasi yang dianalisis dengan statistik deksriptif. Data
yang diperoleh kemudian dianalisis dengan mneggunakan statistik inferensial.
Hasil penelitian menujukan bahwa thitung yaitu 11,126 dan ttabel 2,101,
thitung > ttabel = 11,126 > 2,101. Perbedaan hasil Pre-test dan Post-test signifikan
dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima berarti bahwa hipotesis
pada penelitian ini diterima yakni terdapat pengaruh media pembelajaran color
paper terhadap minat menulis permulaan siswa dikelas I SDN 006 Nunukan.