dc.description.abstract |
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kinerja guru
terhadap pelaksanaan sistem pembelajaran di SD Negeri 228 Lagaroang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru terhadap pelaksanaan
sistem pembelajaran di SD Negeri 228 Lagaroang
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di
SD Negeri 228 Lagaroang Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Subjek
penelitian adalah Pengawas sekolah, Kepala sekolah, dan Guru di SD Negeri 228
Lagaroang. sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kinerja guru di SD Negeri
228 Lagaroang mengalami peningkatan, dalam meningkatkan kompetensi
pembelajaran tersebut mengacu pada proses perencanaan, pelaksanaan, serta
evaluasi pada proses pembelajaran, guru mampu menghadapi kendala dalam
situasi apapun dalam lingkungan sekolah. Guru di SD Negeri 228 Lagaroang
Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur mampu menciptakan suasana
pembelajaran yang kondusif bagi siswa. Hal tersebut juga tidak lepas dari
kualifikasi pendidikan dimana Pemerintah Daerah dan kepala sekolah
memfasilitasi guru dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja guru, memberikan
bimbingan, bantuan, dan pengawasan terhadap masalah yang berkaitan dengan
pengembangan pengajaran berupa perbaikan program dan kegiatan belajar
mengajar. |
en_US |