Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerimaan peserta
didik baru melalui sistem zonasi terhadap prestasi belajar siswa SD Kabupaten
Berau Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Ex-Post
Facto, yaitu jenis penelitian dimana rangkaian variabel-variabel bebas telah terjadi
ketika peneliti mulai melakukan pengamatan terhadap variabel terikat, dan
menggunakan pendekatan kuantitatif dimana semua informasi atau data penelitian
diwujudkan dalam bentuk angka yang di deskripsikan. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 50 siswa yang diambil dari seluruh murid kelas IV SDN 001 Tanjung
Redeb yang menerapkan sistem zonasi sebanyak 25 siswa dan murid kelas IV SDN
001 Labanan Jaya Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang tidak menerapkan
sistem zonasi sebanyak 25 siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan prestasi belajar
siswa kelas IV antara SDN 001 Tanjung Redeb yang menerapkan sistem zonasi
lebih unggul dibandingkan dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 001
Labanan Jaya yang menerapkan sistem non-zonasi. Sehingga pada penelitian ini
menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan sistem zonasi terhadap prestasi
belajar siswa kelas IV di SDN 001 Tanjung Redeb.