dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam
pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 dan untuk mengetahui mekanisme
pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan
Malili Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini bersifat deskriftif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari sejumlah informan kepala sekolah dan
guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di sekolah
dasar telah dilaksanakan dengan baik melalui peran kepala sekolah dalam persiapan
implementasi kurikulum 2013 dengan mempersiapakan pemetaan KD, silabus, RPP,
sampai instrument penilaian, sarana dan prasaran sementara pelaksanaan
implementasi kurikulum 2013 kepala sekolah telah membimbing guru dalam
pelaksanaan pendekatan saintifik, lingkungan belajar serta penerapan karakter dalam
pembelajaran sementara untuk Penilaian kurikulum 2013 kepala sekolah telah
membimbing guru menyusun instrument penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan.
Berdasarkan hasil penelitian maka secara keseluruhan kepala sekolah telah
berperan dengan membimbing guru mempersiapan implementasi kurikulum 2013,
melaksanakan kurikulum 2013 serta melakukan penilaian pembelajaran pada
kurikulum 2013 |
en_US |